Tahapan Verifikasi Parpol Telah Berjalan, KPU Fakfak Imbau Partai Politik Segera Datangi Kantor Dan Berkoordinasi

waktu baca 3 menit
Senin, 8 Agu 2022 20:19 0 279 Embaran Media

Embaranmedia.com, Fakfak – Tahapan Pendaftaran Verifikasi Partai Politik pada Pemilu Serentak Tahun 2024 telah berjalan, maka dari itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak menghimbau kepada seluruh Partai Politik yang telah melakukan pendaftaran di Kesbangpol, diharapkan dapat berkoordinasi dengan mendatangi kantor KPU Kabupaten Fakfak.

Hal tersebut dijelaskan Ketua KPU Kabupaten Fakfak melalui Devisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Hasanudin Rettob saat diwawancarai oleh Embaranmedia com di ruang kerjanya, Senin (08/08/2022) Pagi.

iklan Embaran Media

“Berkaitan dengan proses pelaksanaan pendaftaran verifikasi partai politik yang sedang dilakukan saat ini, pendaftaran dimulai dari tanggal 1 agustus 2022 sampai dengan 14 agustus 2022 yang berlangsung di KPU RI dalam hal ini Dewan pengurus pusat Partai politik mendaftar di KPU RI, dan selanjutnya kami akan melakukan verifikasi administrasi faktual ditingkat Kabupaten/kota,”Jelas Hasanudin.

Dengan hal itu, KPU Kabupaten Fakfak menghimbau kepada partai politik, terutama partai politik baru yang sudah mendaftar di Kesbangpol dan sampai saat ini belum berkordinasi atau melaporkan diri kepada KPUD Fakfak agar segera mendatangi kantor KPUD Fakfak.

“Saya himbau agar segera mendatangi Kantor KPUD Fakfak untuk melakukan kordinasi berkaitan dengan persiapan-persiapan yang akan kami lakukan yaitu verifikasi administrasi dan faktual, karena pada tanggal 30 Juli 2022 saat itu kami telah melakukan sosialisasi partai politik, tetapi yang kami maksudkan belum juga hadir,”Tegas Devisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Hasanudin Rettob.

Hasanudin Rettob pun membeberkan terkait jadwal tahapan, dimulai dari verifikasi administrasi mulai dari 2 agustus 2022 sampai dengan 11 september 2022, tentunya saat ini KPU RI sedang melakukan verifikasi administrasi dan selanjutnya berkaitan dengan data yang ditujukan kepada kami KPU kabupaten/kota yaitu status kegandaan antara partai politik, status ASN, TNI, Polri, Kepala desa maupun hal-hal lain yang sesuai dengan ketentuan undang – undang.

Baca Juga :  UTA_YOH Optimis Lolos sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak Jalur Independen

“Verifikasi administrasi perbaikan dijadwalkan mulai dari tanggal 15 september 2022 sampai dengan tanggal 12 oktober 2022 dan terlepas dari 9 partai politik yang lolos di senayan,  partai politik baru dan partai politik 2019 yang tidak lolos senayan  yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi, kami akan masuk pada verifikasi faktual yang dijadwalkan di bulan oktober, ada dua tahapan disitu yaitu verifikasi faktual dan verifikasi faktual perbaikan,”Jelas Hasanudin.

Lebih lanjut Hasanudin Rettob menjelaskan, pada Verifikasi Faktual yang akan KPU lakukan yaitu pertama akan mendatangi sekretariat partai politik dengan melakukan verifikasi terkait alamat kantornya, kedua memperhatikan keterwakilan 30%, ketiga berkaitan dengan kepengurusan partai politik KPU akan melakukan Verifikasi terhadap anggota partai politik, yaitu nama-nama yang akan kami faktual sesuai dengan ketentuan 1 per 1000 (1/1000).

“Jadi Fakfak ini jumlah penduduk 89.015 sehingga harus terpenuhi 90 anggota dan itu 90% dari 90 anggota itu. Kalau memang ada parpol yang lebih dari itu kami mengacuh kepada jumlah anggota parpol yang ada didalam SIPOL,”Katanya.

Kemudian, Pelayanan tahapan verifikasi Partai Politik di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak mulai dari 1 Agustus sampai 13 Agustus, pukul 08.00- 16.00 WIT, sedangkan di 14 Agustus pelayanan dimulai dari Pukul 08.00-23.59 WIT. (EM/AZT)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.