Bupati UT Teken MoU & Berikan Kuliah Umum Diseminasi Program SPR IPB Dengan Komponen ABGC Untuk Kembangkan Peternakan dan Cukupan Pangan di Fakfak

- Jurnalis

Kamis, 21 April 2022 - 10:57 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kembangkan Peternakan dan Kecukupan Pangan di Fakfak, Bupati UT Teken MoU & Berikan Kuliah Umum Diseminasi Program SPR Bangun Jaringan Konsolidasi Komponen ABGC, (Foto: EM/AZT)

Kembangkan Peternakan dan Kecukupan Pangan di Fakfak, Bupati UT Teken MoU & Berikan Kuliah Umum Diseminasi Program SPR Bangun Jaringan Konsolidasi Komponen ABGC, (Foto: EM/AZT)

Embaranmedia.com, Fakfak – Bupati Fakfak, Untung Tamsil melakukan Penandatanganan MOU sekaligus memberikan Kuliah Umum diseminasi program SPR IPB dan Membangun jaringan konsolidasi komponen ABGC, yang berlangsung di Gedung Winder Tuaere Fakfak, Rabu (20/04/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Untung Tamsil, menyampaikan, ini menjadi sebuah kebahagian bagi Pemerintah Kabupaten Fakfak karena dengan adanya momentum ini yang dilakukan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan Kuliah Umum diseminasi program PSR IPB serta membangun jaringan konsolidasi komponen ABGC (Academy, Business, Government and Community).

“Ini semua untuk pengembangan peternakan dan ketercukupan pangan di Kabupaten Fakfak, akan semakin membuka peluang daerah dalam proses transformasi pengetahuan dan inovasi di bidang teknologi pertanian, peternakan, serta perikanan di Kabupaten Fakfak akan berjalan lebih efektif dan produktif,”Ujarnya.

Baca Juga :  Gertak Fakfak, Dinas Perkebunan Kembali Tanam Pala di Sepanjang Koridor Werabuan - Bandara Siboru

Lanjut, Bupati Untung Tamsil mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak memiliki dukungan penuh terhadap para petani, para peternak dan tenaga penyuluh yang memiliki hubungan erat dalam suksesi program ini.

Dukungan juga termasuk dalam pola proses pendampingan yang telah dilakukan oleh berbagai pihak di centra-centra kawasan produksi yang berpotensi seperti di Distrik Bomberay, Distrik Tomage, Distrik Kramongmongga, Distrik Karas serta distrik lainnya yang telah dimulai dari usaha pengembangan holtikultura, peternakan, perikanan, agribisnis hingga Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) yang saat ini dilakukan melalui diseminasi kerjasama IPB-LPPM IPB dengan Pemerintah Kabupaten Fakfak dalam mendukung pembangunan pertanian sebagai salah satu program nasional.

Baca Juga :  Tegas Sulaiman Uswanas, ASN Pemkab Fakfak Tak Boleh Terlibat Berpolitik Praktis

“Kabupaten Fakfak memiliki Luas Wilayah 14.320 Km², terdiri atas 17 distrik/kecamatan, 7 kelurahan dan 142 kampung yang tersebar mulai dari pesisir pantai hingga wilayah pegunungan. Tentu di dalamnya memiliki potensi unggulan dan
andalan baik di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, kehutanan maupun perikanan dan kelautan hingga pariwisata,”Papar Bupati Fakfak.

“Dengan wilayah yang sangat potensial ini, sangat memungkinkan menjadi daerah yang penting dan dapat berproduksi sesuai sektor yang disebutkan tadi. Apalagi, di dukung oleh karakter masyarakat yang sangat komunikatif dan budaya Satu Tungku Tiga Batu,”Imbuhnya.

Bupati Untung Tamsil menyampaikan bahwa Kabupaten Fakfak menjadi suatu daerah
dengan kondisi situasi keamanan yang sangat kondusif.

Baca Juga :  Pimpin Sertijab 8 Pejabat Utama, Kapolres Fakfak Beri Pesan Ini

“Maka dari itu Kami sangat memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan dalam berbagai potensi dan sektor sesuai dengan keunggulan komparatif,”Pungkasnya.

Kabupaten Fakfak juga menjadi salah satu daerah
potensi Agribisnis peternakan dalam memenuhi ketercukupan pangan serta mampu memberikan sumbangsih yang positif terhadap berbagai wilayah disekitarnya. Namun hal ini perlu di dukung oleh keseriusan kita semua. Serius dalam mengembangkan usahanya dan serius dalam meningkatkan hasil produksinya baik secara kuantitas dan kualitas.

Bupati Untung Tamsil mengatakan, pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Fakfak mendukung penuh terhadap berbagai usaha produksi di bidang agribisnis peternakan dan pertanian yang telah di tuangkan di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Fakfak Tersenyum 2021-2026 sesuai dengan Brand Program Fakfak Berwisata dan Penguatan Ekonomi melalui
Gerakan Membangun Pariwisata dan Ekonomi Masyarakat (GEMPAR EMAS) Fakfak.

Kemudian, Bupati UT Menambahkan bahwa Dengan ditandantanganinya MoU sebagai bentuk
komitmen Pemerintah Kabupaten Fakfak terhadap peningkatan pembangunan sumber daya
pengembangan agribisnis peternakan dan ketercukupan pangan di Kabupaten Fakfak.

“Tentunya, dukungan Pemerintah Daerah terhadap program SPR ini akan menjadi prioritas dan perhatian penuh,”Pungkasnya.

Selanjutnya, Bupati Untung Tamsil memberikan Kuliah Umum kepada Mahasiswa, Komunitas dan beberapa Kepala OPD serta tamu undangan dengan memaparkan Program Unggulan Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak dengan mendukung Sektor Ekonomi yaitu Gempar Emas. (EM/AZT)

Berita Terkait

Pimpin Sertijab 8 Pejabat Utama, Kapolres Fakfak Beri Pesan Ini
Ucapkan Selamat Idul Adha 1445 H, Bupati Fakfak: Semoga Membawa Kedamaian dan Bangun Tali Silahturahmi
Gertak Fakfak, Dinas Perkebunan Kembali Tanam Pala di Sepanjang Koridor Werabuan – Bandara Siboru
Tegas Sulaiman Uswanas, ASN Pemkab Fakfak Tak Boleh Terlibat Berpolitik Praktis
Sah, Bupati UT Lantik Sulaiman Uswanas Jadi Sekda Fakfak, Ini Pesannya
Tiba di Fakfak Papua Barat, Jhon Ilef Malamassam: Tetap Berpegang Teguh pada Penegakan Hukum
Tinjau Pasar Rakyat Thumburuni Fakfak, Wakil Bupati Yohana Hindom: Ada Sejumlah Ornamen Yang Belum Terselesaikan
Kerjasama Pemkab Fakfak dan IPB, Berhasil Wisudahkan 48 Siswa Asal Fakfak di Sekolah Pemberdayaan Rakyat
Berita ini 34 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 22:04 WIB

Pimpin Sertijab 8 Pejabat Utama, Kapolres Fakfak Beri Pesan Ini

Senin, 17 Juni 2024 - 09:06 WIB

Ucapkan Selamat Idul Adha 1445 H, Bupati Fakfak: Semoga Membawa Kedamaian dan Bangun Tali Silahturahmi

Minggu, 16 Juni 2024 - 09:28 WIB

Gertak Fakfak, Dinas Perkebunan Kembali Tanam Pala di Sepanjang Koridor Werabuan – Bandara Siboru

Jumat, 14 Juni 2024 - 09:32 WIB

Tegas Sulaiman Uswanas, ASN Pemkab Fakfak Tak Boleh Terlibat Berpolitik Praktis

Kamis, 13 Juni 2024 - 19:58 WIB

Sah, Bupati UT Lantik Sulaiman Uswanas Jadi Sekda Fakfak, Ini Pesannya

Berita Terbaru

error: