Polres Fakfak Gelar Latihan Pengendalian Massa Yang Diikuti Para Personil Sat Samapta

Polres Fakfak Gelar Latihan Pengendalian Massa Yang Diikuti Para Personil Sat Samapta, (Foto: Humas Polres Fakfak)

Embaranmedia.com, Fakfak – Kepolisian Resor Fakfak melalui Satuan Samapta menggelar Pelatihan Pengendalian Massa, rabu (3/8/2022) bertempat di Aula Anton Soedjarwo dan Lapangan Apel Polres Fakfak Jl. Thumburuni No. 1.

Pelatihan fungsi dengan materi pengendalian massa dibuka langsung oleh Wakapolres Fakfak Kompol Indro Rizkiadi, SIK, yang diikuti oleh Para Personil Sat Samapta.

iklan Embaran Media

Dalam sambutannya Wakapolres Fakfak Kompol Indro Rizkiadi, SIK menyampaikan, pelatihan fungsi ini merupakan agenda mingguan yang sudah dijadwalkan untuk mengingatkan kembali Para Personil dan memperdalam materi yang telah didapatkan di Lembaga Pendidikan sehingga mampu memahami tugas yang ada di semua Fungsi Kepolisian.

“Kepada Para Personil agar mengikuti pelatihan ini dengan baik dan serius, supaya pada saat pelaksanaan tugas di Lapangan nantinya tidak lagi ragu-ragu dalam mengambil tindakan,”Ujarnya.

Untuk diketahui, Tata cara penanganan Pengendalian Massa didasarkan pada Perkap Nomor 16 tahun 2006 tentang Pedoman Pengendalian Massa. Adapun materi disampaikan oleh Kasat Samapta Polres Fakfak AKP Suhardi, SH.

Penyampaian materi Perkap Nomor 16 Tahun 2006 dimulai  dengan pengertian Dalmas Awal merupakan Dalmas yang bergerak tidak dilengkapi dengan alat khusus, kemudian dalmas lanjut merupakan pasukan dalmas yang dilengkapi dengan alat alat perlengkapan khusus kepolisian seperti tameng dan tongkat.

Selanjutnya dalam materi juga disampaikan tentang dalmas lapis ganti yang berarti peralihan kendali dari dalmas awal ke dalmas lajut.

Pengertian lintas ganti adalah kegiatan peralihan pengendali dari satuan dalmas dilanjutkan kepada kompi detasemen atau penanggulangan huru hara oleh Pasukan Brimob.

Selesai Para Personil menerima materi, dilanjutkan dengan latihan/praktek Formasi Dalmas di Lapangan Apel Polres Fakfak.

Kapolres Fakfak AKBP Hendriyana, SE. MH melalui Kasi Humas Ipda Arantaun, SH mengatakan, kami menggelar pelatihan Fungsi dengan Materi Pengendalian Massa. Pelatihan fungsi merupakan agenda mingguan yang sudah dijadwalkan untuk mengingatkan kembali Para Personil dan memperdalam materi yang telah didapatkan di Lembaga Pendidikan, sehingga mampu memahami tugas yang ada di semua Fungsi Kepolisian.

Baca Juga :  Lantik 58 Kepala Kampung Secara Serentak, Bupati Fakfak: Para Kepala Kampung Diminta Utamakan Amanah Rakyat

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme Personil, khususnya Sat Samapta, terlebih saat ini sudah masuk dalam Tahapan Pemilu Serentak 2024, sehingga Para Personil mampu dalam melaksanakan tugas di Lapangan dan tidak ragu-ragu dalam melakukan tindakan Kepolisian,”Tutupnya. (EM/01)

banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.