Pj. Gubernur Papua Barat Akan Menopang Program Wisata di Fakfak, Salah Satunya Pulau Tubir Seram

waktu baca 2 menit
Kamis, 17 Nov 2022 15:11 0 440 Embaran Media

Embaranmedia.com, FAKFAK – Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Fakfak Ke-122 Tahun 2022 pada 16 November 2022, Pj. Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpau, Pangdam XVIII/ Kasuari, Gabriel Lema, Bupati Kaimana, Fredy Thie didampingi Bupati Fakfak, Untung Tamsil mengunjungi Pulau Tubir Seram atau Wamarnusa, Rabu (16/11/2022) Sore.

iklan Embaran Media

Sesampai di Pulau Tubir Seram yang menjadi salah satu daya tarik wisata dan sejarah, Pj. Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpau, Pangdam XVIII/Kasuari, Gabriel Lema dan Bupati Kaimana, Fredy Thie didampingi Bupati Fakfak, Untung Tamsil disambut oleh Mayor Tubir Seram dan tarian dayung yang ditampilkan oleh masyarakat Kampung Nemewikarya.

Pj. Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpau bercerita sekilas tentang Pulau Tubir Seram bahwa, Tubir seram penuh dengan makna sejarah, karena semula kabupaten Fakfak ini lahir di Abad 18 tepatnya 1898 kemudian ditetapkan 1890 sekarang berusia 122 tahun.

“Tubir seram ini ada masyarakat asli bermarga Gewab salah satu tokoh yang kita kenal yaitu Krapangit Gewab, beliau yang menyatakan melawan Belanda di abad 18,”Kata Pj. Gubernur Papua Barat kepada awak media disela-sela kunjungannya, Rabu (16/11/2022) Sore.

Sambung Pj. Gubernur Paulus Waterpau, artinya semangat berjuang tete Nene moyang kita dulu luar biasa untuk menyatakan diri bahwa mereka ingin bebas merdeka dan membangun hidup seperti sekarang yang kita alami.

“Pulau Tubir seram daerah yang potensial menjadi pariwisata, wisata sejarah, wisata budaya, wisata alam, wisata religi semua ada disini, artinya bahwa nanti kita bangun sama-sama, pak bupati Fakfak juga sudah sampaikan ke saya tentang bagaimana kepentingan dan kebutuhan sedang direncanakan oleh pemerintah kabupaten Fakfak untuk memperindah, mempercantik Tubir Seram ini, saya pikir kita harus dukung penuh,”Jelas Pj. Gubernur Papua Barat Paulus Waterpau akrab disapa Kaka Besar.

Baca Juga :  Bupati Untung Tamsil Monitoring Langsung Terhadap Perkembangan Minawisata Pulau Tubir Seram

Pj. Gubernur Paulus Waterpau pun mengungkapkan bahwa ia baru pertama kali menginjakkan kakinya ke Pulau Tubir Seram dari sejak lahir, merantau di tanah Jawa dan dipulangkan lagi kesini yang sudah usia 122 Tahun baru tiba di Pulau Tubir Seram.

Ketika ditanya Wartawan Embaranmedia.com, Pj Gubernur Paulus Waterpau juga menyampaikan, bentuk dukungan penuh Pemerintah Provinsi Papua Barat kedepan kepada Pulau Tubir seram sebagai tempat wisata dan destinasi sejarah.

“Bentuk dukungan Pemprov sesuai dengan pengusulan Bupati Fakfak kepada saya yaitu dukungan yang diberikan adalah Abrasi Pantai, jalan lingkar keliling karena ada makam Raja juga, maka  itu bagian terpenting dari sejarah, dan juga pembangunan tugu dan lingkungannya ada serta fasilitasnya itu perlu kita bantu dan kita lihat secara serius,”Pungkasnya. (EM/AZT)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: