Bantu Pemkab Fakfak, YPM Prioritaskan 2 Program Melalui Dana Otsus

- Jurnalis

Rabu, 15 Februari 2023 - 20:33 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Embaranmedia.com, FAKFAK – Pemerintah Kabupaten Fakfak menggelar tatap muka bersama Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas (YPM), yang bertempat di Gedung Winder Tuare Kabupaten Fakfak, Rabu (15/2/2023) siang.

Hadir dalam tatap muka tersebut Forkopimda, Pimpinan BUMN, BUMD, Kepala OPD, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda.

Dalam sambutannya dihadapan Anggota DPR RI Yan Mandenas, Bupati Untung Tamsil menyebutkan bahwa untuk mendukung percepatan pembangunan daerah, Pemkab Fakfak telah mengalokasikan anggaran dari APBD dari tahun ke tahun mengalami peningkatan hingga saat ini Rp 1,3 triliun dari berbagai sumber pendapatan, namun masih terbilang sedikit sehingga pemerintah terus mendorong investasi, salah satunya proyek strategis nasional yang akan hadir di Fakfak yaitu Pupuk Kaltim.

“Visi dan Misi saya bersama Wakil Bupati Yohana Dina Hindom yakni, Fakfak Terdepan, Sejahtera, Nyaman, Unggul dan Mandiri atau disingkat Fakfak Tersenyum. Didalam visi misi, ada 5 Brand program unggulan yang erat kaitannya degan bidang infrastruktur, yakni yakni Fakfak Interkonektivitas, Fakfak Terang, Fakfak Banjir, Fakfak Berkelanjutan dan Fakfak Berwisata,”Paparnya.

“Semoga dengan kehadiran bapak Yan Mandenas bisa mendorong hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan pembangunan di daerah kita untuk mendapat perhatian pemerintah pusat,”Imbuhnya.

Selain itu juga, Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas mengapresiasi dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak bersama masyarakat.

“Saya minta kepada bapak Bupati agar mengakomodir apa-apa yang menjadi kepentingan daerah untuk kita dorong ke pemerintah pusat, inventalisir kembali apa yang menjadi program prioritas untuk kita doronh agar berdampak langsung kepada masyarakat Fakfa,”Pinta Yan Mandenas Anggota DPR RI Dapil Papua itu.

Bagian lain, Manager Persipura Jayapura itu mengatakan, dirinya akan mendorong beberapa program prioritas jangka pendek dari pemerintah daerah, selain kita dorong jaringan telekomunikasi dan juga jaringan listrik ke pelosok Fakfak.

“Kita dorong program Jaringan telekomunikasi dan jaringan listrik ini maupun program lainnya yang belum terkafer melalui sumber anggaran dana otsus,”Kata Yan Mandenas.

Dorongan program yang belum terkafer, sebab menurut Yan Mandenas saat ini alokasi dana Otsus sudah terbagi ke Kabupaten/Kota di tanah Papua, yang porsi anggarannya lebih besar dari Provinsi.

“Pembagian dana otsus itu berdasarkan kriteria luas wilayah, tingkat kemahalan harga barang, jumlah penduduk, kemudian jumlah orang asli papua menjadi syarat,”jelas Kaka YPM.

Yan Mandenas berharap sebelum kembali ke Jakarta, Pemerintah Daerah mengakomodir semua program yang belum terlaksana, termasuk TNI, Polri di daerah ini sehingga akan didorong untuk mendapat bantuan dari pemerintah pusat secara bertahap melalui dana otsus. (EM/AZT)

Berita Terkait

LMA Fakfak Akan Sosialisasi Rekrutmen DPRP dan DPRK Otsus 2024 Pada 5 Titik
Wabup Yohana Dina Hindom Serahkan LKPJ Kepala Daerah Tahun 2023 ke DPRD Fakfak
Buka Sosialisasi Pengangkatan DPRP dan DPRK Otsus, Ini Harapan Wabup Yohana Hindom
Eksekutif dan Legistalif Setujui Raperda APBD Fakfak Tahun 2024 Menjadi Perda
Seluruh Fraksi DPRD dan Pemkab Fakfak Setujui KUA-PPAS APBD 2024
Bupati Fakfak Serahkan Dokumen KUA-PPAS APBD 2024 Ke DPRD
Legislatif dan Eksekutif Mulai Bahas Raperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2023, Ini Harapan Wakil Bupati Fakfak
Wakil Bupati Fakfak Serahkan RKA Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023 Kepada DPRD
Berita ini 11 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 12 Mei 2024 - 07:08 WIB

LMA Fakfak Akan Sosialisasi Rekrutmen DPRP dan DPRK Otsus 2024 Pada 5 Titik

Senin, 6 Mei 2024 - 18:23 WIB

Wabup Yohana Dina Hindom Serahkan LKPJ Kepala Daerah Tahun 2023 ke DPRD Fakfak

Minggu, 14 April 2024 - 20:20 WIB

Buka Sosialisasi Pengangkatan DPRP dan DPRK Otsus, Ini Harapan Wabup Yohana Hindom

Sabtu, 23 Desember 2023 - 07:38 WIB

Eksekutif dan Legistalif Setujui Raperda APBD Fakfak Tahun 2024 Menjadi Perda

Kamis, 30 November 2023 - 21:14 WIB

Seluruh Fraksi DPRD dan Pemkab Fakfak Setujui KUA-PPAS APBD 2024

Berita Terbaru

error: