3 Distrik Telah Tersentuh Fakfak Interkonektivitas, Akademisi Nilai Ini Sebuah Langkah Maju Yang Luar Biasa

- Jurnalis

Rabu, 27 Desember 2023 - 23:57 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Marthen Anton Pentury Salah Satu Akademisi di Kabupaten Fakfak Papua Barat.

Marthen Anton Pentury Salah Satu Akademisi di Kabupaten Fakfak Papua Barat.

Embaranmedia.com, FAKFAK – Setelah sekian lama dinantikan, Masyarakat Distrik Kokas Kabupaten Fakfak Papua Barat saat ini dapat menikmati Jaringan Telkomsel 4G/LTE.

Bupati Fakfak Untung Tamsil, S.Sos, M.Si dijadwalkan bakal melaunching Jaringan Internet 4G/LTE di Distrik Kokas pada 29 Desember 2023 besok.

Mendengar hal tersebut, Salah satu Akademisi di Kabupaten Fakfak, Marthen Anton Pentury menilai bahwa apa yang menjadi salah satu program Interkonektivitas adalah perwujudan dari pelaksanaan program antar daerah atau wilayah mulai dari Pemerintah pusat hingga ke daerah.

“Sesungguhnya dalam Visi Misi Fakfak Tersenyum yang terdapat salah satu Brand Unggulan Gempar Emas yang didalamnya ada Fakfak Interkonektivitas. Ini merupakan wujud nyata atau tindaklanjut dari perencanaan pembangunan nasional dan juga interkoneksi antar daerah atau wilayah,”kata Marthen Pentury saat diwawancarai wartawan embaranmedia.com, Rabu (27/12/2023) malam.

Menurutnya, Interkonektivitas ini bukan saja program nasional tetapi juga selaras dengan program daerah Kabupaten Fakfak yakni Brand Fakfak Interkonektivitas.

“Interkonektivitas Ini Bukan saja program nasional, tetapi di Januari 2022 langkah Bupati Fakfak Untung Tamsil sudah dilakukan mulai awal, kalau tidak salah di Distrik Teluk Patipi dan Furwagi,”kata Marthen.

Secara Yurudis atau Aturan, Marthen yang juga salah satu Dosen di Kampus STIA Asy-Syafi’iyah Fakfak itu mengatakan bahwa ini sudah sejalan dengan apa yang pernah disampaikan oleh Bupati Fakfak melalui surat edaran Bupati nomor 15 tahun 2022, yang ditujukan kepada seluruh kepala distrik, kepala kampung di Fakfak untuk mendukung program Interkonektivitas atau interkoneksi antar daerah.

“Ini sebuah langkah maju yang luar biasa, bukan saja sebatas kata-kata, bukan sebatas program, bukan sebatas slogan. Tetapi ini diwujud nyatakan dan didukung oleh yuridis formal dalam bentuk aturan surat edaran untuk mendukung program nasional, dan ini dilakukan oleh Bapak Bupati Fakfak Untung Tamsil,”ujar Akademisi.

Marthen Pentury mengatakan, kalau dicermati secara baik, dunia saat ini semakin terbuka dan berbeda seperti yang dulu, semakin canggih dan luas. Apa yang dibutuhkan informasi itu tidak sebatas harus datang ketempat dan lihat, tetapi media dan kecanggihan ilmu pengetahuan teknologi melalui jaringan internet dengan mudah kita bisa melihat perkembangan dunia dimana saja.

“Saya pikir ini sesuatu yang baik, dan saya berharap ini bisa ditindaklanjuti hanya tidak sebatas dibeberapa kampung tetapi juga ditindaklanjuti terus, sampai pada inventalisir Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait terhadap Blank Spot atau wilayah-wilayah yang kesulitan untuk mendapat jaringan internet, sehingga pemerataan antar wilayah dapat terwujud dengan baik,”harapnya.

Akademisi pun menilai bahwa kalau semua daerah di Kabupaten Fakfak dan dimulai oleh Program Bupati Fakfak Untung Tamsil, ini sebuah langkah maju dan akan mempermudah gerak pembangunan di Kabupaten Fakfak, dan memperkenalkan Fakfak ke lebih luas bagi semua orang.

“Karena kalau mau fokus untuk pengembangan wisata sesungguhnya jaringan-jaringan internet merupakan sesuatu yang mempermudahkan kita untuk mempromosikan Fakfak, apalagi Bapak Bupati akan melaunching Jaringan 4G di Distrik Kokas, ini sudah tepat karena kokas memiliki Desa Wisata Ugar yang juga salah satu tempat wisata yang sudah diputuskan Pemerintah Pusat, Pemprov Papua Barat bahwa Ugar salah satu objek wisata yang menarik dan menjadi tempat yang bisa dikunjungi para wisatawan domestik maupun luar negeri,”jelas Marthen.

Kemudian, Marthen juga sangat optimis kalau dengan adanya jaringan internet di Distrik Kokas maka dapat menghasilkan Pariwisata yang lebih maju.

“Dengan adanya jaringan internet bisa membuka mata wisatawan domestik maupun luar negeri dapat mengunjungi, karena bisa saja Tour wisata mereka yang sering ke Raja Ampat, dan kalau ugar di promosikan terus, maka tournya bisa berubah ke Pulau Ugar Distrik Kokas, bahkan bisa membentuk tour segita yaitu dari Raja Ampat, Pulau Ugar Fakfak dan Triton Kaimana,”tandasnya.

Marthen juga mengapresiasi dalam seluruh usaha dan upaya Bupati Fakfak Untung Tamsil terkait dengan mewujud nyatakan salah satu program Fakfak Interkonektivitas antar daerah.

“Ini menjadi sesuatu yang baik untuk pengembangan Kabupaten Fakfak kedepan, saya sampaikan ini dalam kacamata akademisi, dan kenyataannya demikian sebagaimana apa yang kita lihat, saksikan dan baca. Kalaupun ada kekurangan itu hal yang lumrah, karena tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, kalau pun ada yang kurang harus dibenahi kedepannya,”pungkasnya.

Pewarta: Risman Bauw

Berita Terkait

PD Aisyiyah Fakfak Gelar Milad ke-107 Tahun
Buka Makesta IPNU-IPPNU Fakfak, Untung Tamsil: Nahdlatul Ulama Telah Membentuk Kita, Diri Kita Dari Perbedaan
Akademisi di Fakfak Minta Kebijakan Tepat Sasaran Pemerintah Daerah Atasi Masalah Stunting
GOW Fakfak Peringati Hari Ibu ke- 95 Tahun, Yohana Hindom: Ibu- ibu memiliki peran penting dan strategis
Ini Harapan Yohana Dina Hindom Pada HUT Saka Wanabakti ke- 40 Tahun
Kehadiran Presiden di Fakfak, Akademisi Nilai ini Berikan Dampak Positif Bagi Pembangunan
Imgobati Basis Fakfak Gelar Konfonma Ke-II, Hariyadi Terpilih Sebagai Ketua
PC IPNU dan IPPNU Fakfak Gelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta)
Berita ini 34 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 19 Mei 2024 - 09:53 WIB

PD Aisyiyah Fakfak Gelar Milad ke-107 Tahun

Jumat, 17 Mei 2024 - 09:54 WIB

Buka Makesta IPNU-IPPNU Fakfak, Untung Tamsil: Nahdlatul Ulama Telah Membentuk Kita, Diri Kita Dari Perbedaan

Senin, 1 Januari 2024 - 10:58 WIB

Akademisi di Fakfak Minta Kebijakan Tepat Sasaran Pemerintah Daerah Atasi Masalah Stunting

Rabu, 27 Desember 2023 - 23:57 WIB

3 Distrik Telah Tersentuh Fakfak Interkonektivitas, Akademisi Nilai Ini Sebuah Langkah Maju Yang Luar Biasa

Sabtu, 23 Desember 2023 - 08:43 WIB

GOW Fakfak Peringati Hari Ibu ke- 95 Tahun, Yohana Hindom: Ibu- ibu memiliki peran penting dan strategis

Berita Terbaru

error: