Dua Kategori Masuk Nominasi APIaward 2021, Disparbud Fakfak Ajak Masyarakat Berikan Dukungan

waktu baca 3 menit
Kamis, 24 Jun 2021 02:59 0 1736 Embaran Media

Embaranmedia.com, Fakfak – Kabupaten Fakfak kembali Masuk dalam Ajang Nominasi Anugerah Pesona Indonesia Tahun 2021, dengan dua kategori yang masuk dalam APIaward 2021 yaitu Kategori Makanan Tradisional Kue Lontar dan Kategori Cinderamata Tomangding.

Sebelumnya, pada ajang APIaward Tahun 2020 Kabupaten Fakfak mempunyai dua kategori yang masuk dalam nominasi yakni Surga Tersembunyi Toran Beach Karas Dan Minuman Tradisional Sirup Henggi pala. Dan yang lolos hingga 3 besar adalah Surga Tersembunyi Toran Beach Karas serta mendapatkan juara ke III surga tersembunyi Anugerah Pesona Indonesia Tahun 2020.

iklan Embaran Media

Melihat hal tersebut, embaranmedia.com mencoba untuk mewawancarai Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Fakfak, Saleh Hindom, SKM, MPH Via WhatsApp handphone, Kamis (24/06/2021) Pagi.

“Pengalaman yang terjadi pada API tahun 2020 kemarin Kabupaten Fakfak mendapat dua kategori yang dilombakan yaitu Sirup Henggi dan Toran Beach Karas dan yang lolos hingga 3 besar yaitu toran beach Karas sementara sirup henggi tidak sampai memasuki 3 besar APIaward 2029, karena kurang mendapatkan dukungan melalui Sms, YouTube dan Instagram, “Kata Saleh Hindom Kabid Ekraf.

Puncak acara pengumuman juara dan penyerahan hadiah dilaksanakan di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur. Berangkat dari pengalaman tahun 2020 maka di tahun 2021 Kabupaten Fakfak lolos dalam 2 kategori yaitu cendramata berupa tomanding dan makanan tradisional yaitu Kue lontar.

“Kami dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Fakfak akan melakukan berbagai macam upaya guna mendapatkan Voting dukungan melalui sms, YouTube, Instagram dan lain sebagainya kedua kategori yang dilombakan di tahun 2021 dimulai sejak 1 Juli – 31 Oktober 2021, “Ujarnya.

Baca Juga :  Peduli Lingkungan, Sat Polairud Polres Fakfak Gelar Bersih Pantai Wisata Tuber Seram

Lanjutnya, Untuk mewujudkan hal tersebut guna mendapatkan dukungan maka Disparbud Fakfak akan melibatkan beberapa LSM dan kelompok organisasi seperti Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Fakfak, Organisasi intra sekolah (OSIS), Pramuka, Remaja masjid, Pemuda gereja dan lain – lain sehingga bisa mensosialisasikan  2 kategori tersebut agar mendapatkan dukungan dari masyarakat melalui polling SMS, YouTube, Instagram dan lain sebagainya.

2 Kategori Makanan Tradisional Kue Lontar Fakfak dan Cinderamata Tomanding, (Foto: Istimewa)

Langkah-langkah konkrit yang kami akan lakukan sebagai penyebar informasi kepada masyarakat yaitu pembentukan panitia/tim khusus guna menyiapkan surat menyurat tentang dukungan ke berbagai OPD, BUMN, BUMD, ormas, senat mahasiswa, osis, remaja masjid, pemuda gereja dan berbagai kelompok serta himpunan masyarakat lainnya.

“Kami dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Fakfak sebagai OPD teknis mengharapkan dukungan penuh oleh Pemerintah Daerah, pihak swasta dan seluruh masyarakat Kabupaten Fakfak dari Karas pulau tiga sampai tomage wamosam untuk bersama-sama memberikan dukungan melalui SM, YouTube, Instagram dan lain sebagainya agar kedua kategori tersebut bisa lolos ke 3 besar, dengan cara memberikan dukungan untuk Makanan Tradisional Kue Lontar yaitu Ketik API Spasi 1F kirim ke 99386 dan Tomangding Ketik API Spasi 6I Kirim ke 99386 atau Like di Akun YouTube APIaward dan like Instagram @ayojalanjalanindonesia, “Ajak Kabid Ekraf Saleh Hindom.

Tambahnya Lagi, Kami yakin dan percaya bahwa masih banyak objek wisata di kabupaten Fakfak yang belum tersentuh dan tereksploitasi dari sisi pengenalan pada masyarakat publik begitu juga berbagai macam kuliner yang tersediah di kabupaten Fakfak, hal ini bisa dilakukan apabila ada peran aktif dari semua pihak baik Pemerintah Daerah, pihak swasta maupun masyarakat melalui berbagai macam upaya di media cetak atau elektronik. (EM/AZT)

Baca Juga :  Mayor Tubir Seram Berharap Kepada Pemda Kabupaten Fakfak Agar Program Destinasi Wisata Pulau Tubir Seram Terlaksanakan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: