Bupati Untung Tamsil Monitoring Langsung Terhadap Perkembangan Minawisata Pulau Tubir Seram

waktu baca 2 menit
Minggu, 30 Okt 2022 14:46 0 907 Embaran Media

Embaranmedia.com, FAKFAK – Bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos, M.Si melakukan monitoring langsung terhadap perkembangan Minawisata Tubir seram, dan juga berkemah semalam di Pantai Pulau Tubir Seram.

Di Pulau Tubir Seram pun telah dibangun beberapa perencanaan Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak pada Tahun 2022 ini yakni, Tanbatan Perahu, Pemeliharaan akses jalan setapak menuju tugu, rehabilitasi tugu, kamar bilas, pembangunan 5 buah Gazebo dan rehabilitasi penanaman pohon pala dan kelapa.

iklan Embaran Media

Bupati Untung Tamsil berharap dengan terbangun fasilitas yang ada, tubir seram atau pulau Wamarnusa sudah bisa berfungsi untuk memberikan daya tarik wisata masyarakat Fakfak.

Sementara itu juga dalam pantauan Embaranmedia.com, Bupati Untung Tamsil turut langsung mengobservasi ruang laut yang menjadi bagian dari ruang kekayaan yang di miliki destinasi Pulau Tubir Seram.

“Ini dilakukan untuk menentukan spot dyifing, snorking dan spot yang bisa dijadikan tempat foto bawah laut, serta kami berencana Rencana dilokasi terpilih nanti akan di tengelamkan beberapa barang bekas yang tidak digunakan seperti rongsokan kendaraan, besi tua untuk dijadikan sebagai Rumah Ikan dan tempat selfie di dasar laut,”Ujar Bupati Untung Tamsil kepada media ini, Minggu (30/10/2022) Pagi di Pulau Tubir Seram.

Selain itu sambungnya, Tahun 2023 akan diterus dikembangkan beberapa kegiatan guna meningkatkan eksistensi Pulau Tubir Seram sebagai destinasi wisata.

“Antara lain yang akan kami kembangkan sesuai perencanaan adalah homestay, ruang pertemuan, penimbunan lokasi UMKM, pelataran tugu dan akses jalan setapak keliling pulau, mini zoo (rumah Fauna).
Begitu juga di ruang laut akan diletakan beberapa keramba apung utk mina wisata dan juga memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat,”Jelas Bupati Fakfak.

Baca Juga :  Lagi-lagi, Kampung Ugar Kabupaten Fakfak Masuk 50 Besar Desa Terbaik Nasional ADWI 2022

Sementara itu, Bupati Untung Tamsil menyampaikan,  Gubernur Papua Barat mendukung dalam pengembangan Pulau Tubir Seram sebagai tempat wisata, dengan bentuk akan menyalurkan anggaran yang bersumber dari APBD Provinsi.

“Kami juga sudah menyerahkan dokumen perencanaan kepada bapak Gubernur saat Rapat Kerja Bupati waktu lalu, perencanaan tersebut adalah membuat jalan lingkar pulau sepanjang 958 Meter, agar pejalan kaki bisa melihat pulau Tubir seram dan juga kenyaman mengantisipasi abrasi laut,”Tandasnya.

Untung Tamsil pun berharap masyarakat Fakfak dapat mendukung perencanaan dan program Pemerintah Daerah saat ini yang mulai berjalan, sesuai dengan Visi Misi Fakfak Tersenyum dan Kebijakan Strategis Pemerintah yaitu Gempar Emas (Gerakan Membangun Pariwisata dan Ekonomi Masyarakat Sejahtera). (EM/AZT)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: