Bupati Untung Tamsil Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional

- Jurnalis

Kamis, 10 November 2022 - 10:35 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Embaranmedia.com, FAKFAK – Bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos, M.Si memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di Halaman Kantor Bupati Fakfak, Kamis (10/11/2022) Pagi.

Upacara diawali dengan pembacaan Teks Pancasila yang dibacakan oleh Bupati Fakfak, Untung Tamsil dan dilanjutkan dengan  pengibaran bendera merah putih serta pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 dan Pesan kesan Pahlawan Nasional.

Wakil Bupati Fakfak, Yohana Dina Hindom  membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, menyampaikan, hari Pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara Merdeka.

“Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para Pahlawan Bangsa dari para Pejuang yang gugur dalam pertempuran mempertahankan Kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya,”Ajaknya.

Baca Juga :  Gertak Fakfak, Dinas Perkebunan Kembali Tanam Pala di Sepanjang Koridor Werabuan - Bandara Siboru

Sambung Wakil Bupati Yohana Hindom, dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para Pahlawan dengan bergerak serempak menghadang yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan kekuatan musuhnya.

Rakyat bergandeng tangan dengan para Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama pengikut dan santrinya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, melebur menjadi satu. Teladan dari para Pahlawan Bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat untuk di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini.

Wakil Bupati Yohana Hindom mengatakan, dengan semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat diperingatkan terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

Baca Juga :  Ucapkan Selamat Idul Adha 1445 H, Bupati Fakfak: Semoga Membawa Kedamaian dan Bangun Tali Silahturahmi

“Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah Slogan Bhinneka Tunggal Ika. Mari kita mempromosikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat dan mempersatukan bangsa, saling menghargai satu sama lain,”Tegasnya.

Lebih lanjut, Wakil Bupati Yohana Hindom mengajak semuanya untuk dapat mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya.

“Jadikanlah semangat dan nilai-nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama, bersama kita kenang dan hormati perjuangan para Pahlawan, bersama kita bangun bangsa dapat mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur Pahlawan Bersama kita memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan Amanat Pahlawan Bangsa,”Pungkasnya.

Usai Upacara, dilakukan Penyerahan foto dari Anak Cucu Pahlawan Nasional asal Fakfak Bapak Machmud Singgirei Rumagesan yang diwakili oleh cucunya, Bapak Arif Husain Rumagesan.

Baca Juga :  Tiba di Fakfak Papua Barat, Jhon Ilef Malamassam: Tetap Berpegang Teguh pada Penegakan Hukum

Selanjutnya, dilakukan penyerahan mesin abon ikan, alat pembuatan bakso dan pembuatan kertas dari Bupati Fakfak kepada para pedagang yang diserahkan oleh Wakil Bupati Fakfak, Yohana Dina Hindom, Ketua DPRD Fakfak, Siti Rahma Hegemur dan Kepala Kejaksaan Negeri Fakfak.

Selain itu juga, penyerahan mesin tempel dan kulbox ikan kepada para nelayan dari Bupati Fakfak, yang diserahkan oleh Kasrem 182/JO, Kapolres Fakfak dan Danlanud Fakfak.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Forkopimda Fakfak, Sekda Fakfak, Kepala OPD Lingkungan Pemerintah Daerah, Anggota Polri, Anggota TNI, Anggota Satpol, PNS, Pelajar dan Mahasiswa.(EM/AZT)

Berita Terkait

Pimpin Sertijab 8 Pejabat Utama, Kapolres Fakfak Beri Pesan Ini
Ucapkan Selamat Idul Adha 1445 H, Bupati Fakfak: Semoga Membawa Kedamaian dan Bangun Tali Silahturahmi
Gertak Fakfak, Dinas Perkebunan Kembali Tanam Pala di Sepanjang Koridor Werabuan – Bandara Siboru
Tegas Sulaiman Uswanas, ASN Pemkab Fakfak Tak Boleh Terlibat Berpolitik Praktis
Sah, Bupati UT Lantik Sulaiman Uswanas Jadi Sekda Fakfak, Ini Pesannya
Tiba di Fakfak Papua Barat, Jhon Ilef Malamassam: Tetap Berpegang Teguh pada Penegakan Hukum
Tinjau Pasar Rakyat Thumburuni Fakfak, Wakil Bupati Yohana Hindom: Ada Sejumlah Ornamen Yang Belum Terselesaikan
Kerjasama Pemkab Fakfak dan IPB, Berhasil Wisudahkan 48 Siswa Asal Fakfak di Sekolah Pemberdayaan Rakyat
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 22:04 WIB

Pimpin Sertijab 8 Pejabat Utama, Kapolres Fakfak Beri Pesan Ini

Senin, 17 Juni 2024 - 09:06 WIB

Ucapkan Selamat Idul Adha 1445 H, Bupati Fakfak: Semoga Membawa Kedamaian dan Bangun Tali Silahturahmi

Minggu, 16 Juni 2024 - 09:28 WIB

Gertak Fakfak, Dinas Perkebunan Kembali Tanam Pala di Sepanjang Koridor Werabuan – Bandara Siboru

Jumat, 14 Juni 2024 - 09:32 WIB

Tegas Sulaiman Uswanas, ASN Pemkab Fakfak Tak Boleh Terlibat Berpolitik Praktis

Kamis, 13 Juni 2024 - 19:58 WIB

Sah, Bupati UT Lantik Sulaiman Uswanas Jadi Sekda Fakfak, Ini Pesannya

Berita Terbaru

error: