Lagi-lagi, Polisi Ungkap Kasus Curanmor di Fakfak Papua Barat, 1 Tersangka Berhasil Ditangkap

- Jurnalis

Selasa, 9 Juli 2024 - 09:35 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

EMBARANMEDIA.COM, FAKFAK – Kepolisian Resor Fakfak melalui Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) berhasil mengungkap kasus Tindak Pidana Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) yang terjadi di wilayah hukum Polres Fakfak berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP.B / 62 / VI / 2024 / PAPUA BARAT / RES FAKFAK. Tanggal 28 Juni 2024.

Pengungkapan kasus ini dibeberkan dalam kegiatan Press Release dan Press Conference yang dilaksanakan Satreskrim Polres Fakfak di depan gedung Mapolres Fakfak pada hari Senin (8/7/2024) sekitar pukul 16.00 wit.

Kegiatan Press Conference ini dipimpin langsung oleh Kaur Bin Ops Satreskrim Polres Iptu Yansi Raib Amir, SH didampingi oleh Kanit Tindak Pidana Umum Ipda Andi Yuri Fadel Muharram, S.Tr.K, serta Personel Unit Tipidum Sat Reskrim Polres Fakfak dengan menghadirkan tersangka dan barang bukti yang disita.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Fakfak AKBP Hendriyana,SE., MH melalui KBO Satreskrim Iptu Yansi Raib Amir,SH, Menyampaikan bahwa hari ini kita mengelar Press Conference terkait pengungkapan kasus Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) yang baru-baru ini terjadi.

“Sebanyak 1 orang yang kita sudah tetapkan sebagai tersangka yakni inisial R.T jenis kelamin laki-laki, umur 23 tahun, alamat kampung Sangram distrik Fakfak Timur Tengah Fakfak” Ujarnya.

Selanjutnya dalam kesempatan itu, KBO SatReskrim menuturkan kronologis kejadian bahwa pada hari Kamis tanggal 20 Juni 2024 tersangka berencana hendak ke Bomberay namun tersangka tidak memiliki motor maka sekitar pukul 23.00 Wit tersangka keluar dari kontrakannya yang berada di JL. Latonde, Distrik Fakfak Tengah, Kab. Fakfak sambil berjalan kaki dan memantau situasi terkait motor yang ingin tersangka ambil.

Kemudian pada hari Jumat 21 Juni 2024 pukul 01.00 WIT di pinggir JL. Latonde, Distrik Fakfak Tengah, Kab. Fakfak tepatnya di kompleks kayu merah, tersangka melihat motor korban dengan merek HONDA BLADE 125 REPSOL dengan warna Orange Hitam yang terparkir di pinggir jalan, kemudian tersangka langsung memasukan kunci motor milik tersangka yang telah dibawa atau disiapkan untuk mencoba menghidupkan motor.

Lalu kunci motor tersebut berhasil masuk dengan posisi on akan tetapi mesin belum di nyalakan, kemudian tersangka mendorong motor tersebut menjauh dari rumah korban, setelah cukup jauh dari rumah korban, tersangka menyalakan mesin motor tersebut dan langsung pergi menuju daerah puncak di Jl. MT. Haryono.

Sesampainya di salah satu Halte, tersangka berhenti untuk beristirahat sambil menunggu pom bensin buka untuk mengisi BBM.

Pada pukul 07.00 Wit, setelah selesai mengisi bensin motor tersebut tersangka melanjutkan perjalanan menuju Distrik Bomberay kemudian tersangka melepas bagian-bagian motor tersebut seperti plat nomor, spakbor bagian belakang motor, lampu belakang, kap samping kiri dan kanan, spido meter, dan rumah lampu depan motor tersebut, dengan maksud agar tidak dikenali oleh pemilik dari motor/korban.

Pada hari Rabu 26 Juni 2024 pukul 20.00 Wit saat tersangka sudah kembali ke Fakfak sedang berada di Jl. Cendrawasih tepatnya di depan toko Prisma, tersangka di cegat dan di berhentikan oleh korban setelah itu korban menanyakan kepada tersangka “INI SAPA PUNYA MOTOR”, kemudian tersangka menjawab “MOTOR INI SA PU TEMAN PUNYA” lalu korban mengatakan “INI SA PU MOTOR YANG HILANG”.

Melihat hal tersebut Lalu korban melaporkan kepada piket Polres Fakfak selanjutnya Personel Polres Fakfak datang ke TKP dengan mengamankan tersangka beserta motor tersebut ke Mako Polres Fakfak. Setelah di lakukan introgasi singkat akhirnya tersangka mengakui perbuatan nya yaitu mencuri motor.

Modus operandi tersangka melakukan pencurian pada malam hari dengan telah mempersiapkan kunci cadangan untuk motor tersebut kemudian melepas beberapa bagian motor tersebut dengan tujuan agar motor tersebut tidak dikenali.

Motif tindak pidana tersebut Ingin menguasai atau memiliki barang yang di ambil/curi.

Dari kejadian ini Penyidik Satreskrim Polres Fakfak Berasil mengamankan Barang Bukti berupa

1 (Satu) Unit sepeda motor HONDA BLADE 125 REPSOL warna Orange Hitam dengan Nopol : PB 3354 FA No rangka : MH1JBMN4FK068483, No Mesin : JBM1E-1063886.
1 (Satu) Buah Obeng Bunga dengan Gagang obeng warna Hitam Kuning
1 (Satu) Buah kunci Ring Pas ukuran 8 mm warna Silver merek Wipro
1 ( Satu) Buah Gagang Kunci Shock ukuran 10 mm warna silver
1 (Satu) Buah Kunci Motor warna Hitam bertuliskan YAMAHA
1 (Satu Buah BPKB ( Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) An. Korban BEATRIS HUKHUKMANA
1 (Satu) Buah STNK ( Surat Tanda Nomor Kendaraan) An. korban BEATRIS HUKHUKMANA

Akibat dari perbuatannya Tersangka dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke-3e dan 5e dan atau 362 KUHPidana Dengan Ancaman Hukuman 9 ( Sembilan ) Tahun Penjara.

Terkait Kasus ini, KBO Satreskrim Polres Fakfak menghimbau kepada warga Fakfak agar selalu berhati-hati dan waspada kepada barang berharga berupa kendaraan,uang serta barang berharga lainnya, jika mendengar melihat dan mengalami tindak kejahatan silahkan melaporkan ke kami Pihak Kepolisian selalu siap selama 1×24 jam.

Penulis : Humas Polres Fakfak

Editor : Redaksi Embaranmedia.com

Berita Terkait

Gelar Press Conference, Polisi Tetapkan Dua Tersangka Kasus Pencurian di Fakfak
Polisi Berhasil Tangkap Produksi Miras Lokal di Fakfak Papua Barat
Polisi Serahkan 4 Tersangka dan Barang Bukti Kasus Pembuhunan Kepala Distrik Kramomongga Fakfak ke JPU
Selang Waktu 2 Jam, Polisi Berhasil Tangkap Pelaku Penikaman di Fakfak
Di Fakfak, Polisi Ungkap Kasus Persetubuhan Anak Dibawah Umur, Ayah Tiri 3 Kali Setubuhi Anaknya
Kasus Korupsi Proyek di Dinas Perikanan dan Kelautan Fakfak, 2 Tersangka Ditahan Kejaksaan Negeri
Polisi Mendalami Kasus Kebakaran SMA N 1 Kokas Fakfak
Melalui Langkah Persuasif Polres Fakfak, Satu DPO Kasus Kramomongga Menyerahkan Diri
Berita ini 96 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 9 Juli 2024 - 09:35 WIB

Lagi-lagi, Polisi Ungkap Kasus Curanmor di Fakfak Papua Barat, 1 Tersangka Berhasil Ditangkap

Kamis, 4 Juli 2024 - 19:53 WIB

Gelar Press Conference, Polisi Tetapkan Dua Tersangka Kasus Pencurian di Fakfak

Selasa, 4 Juni 2024 - 15:54 WIB

Polisi Berhasil Tangkap Produksi Miras Lokal di Fakfak Papua Barat

Sabtu, 30 Desember 2023 - 12:07 WIB

Polisi Serahkan 4 Tersangka dan Barang Bukti Kasus Pembuhunan Kepala Distrik Kramomongga Fakfak ke JPU

Jumat, 29 Desember 2023 - 16:14 WIB

Selang Waktu 2 Jam, Polisi Berhasil Tangkap Pelaku Penikaman di Fakfak

Berita Terbaru

error: