Jelang Idul Fitri, Kapolres Fakfak Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Mansinam 2023

- Jurnalis

Senin, 17 April 2023 - 09:32 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Embaranmedia.com, FAKFAK – Kepolisian Resor Fakfak melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Mansinam 2023, bertempat di Lapangan Apel Mapolres Fakfak, Senin (17/4/2023) pukul 09.00 wit s/d selesai.

Bertindak selaku Pimpinan Apel Kapolres Fakfak AKBP Hendriyana, SE., MH., dengan Komandan Apel Ipda Erwin Eka Putra, SH., melibatkan 1 Regu Subden PM, 1 Peleton Kodim 1803, 4 Peleton Polres Fakfak, 1 Peleton Satpol PP, 1 Regu KPLP, 1 Regu PLN, dan 1 Regu Orari+RAPI.

Dalam Apel Gelar Pasukan ini, Kapolres Fakfak selaku Pimpinan Apel membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi Drs.Listyo Sigit Prawobo,M.Si., menyampaikan, bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 (empat belas) hari sejak 18 April s.d. 1 Mei 2023.

“Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya,”Ujarnya.

Para personel tersebut nantinya akan menempati 2.787 Pos dengan rincian:
1.857 Pos Pengamanan yang berfungsi untuk pusat informasi, gatur dan rekayasa arus lalin, serta memastikan keamanan maupun ketertiban pada objek wisata, pusat perbelanjaan dan pusat keramaian lainnya;

Baca Juga :  Kapolres Fakfak Pimpin Kegiatan Analisa dan Evaluasi Atas Kinerja Pada Kepolisian Resor Fakfak

713 Pos Pelayanan yang berfungsi untuk tempat istirahat pengemudi, manajemen rest area, pelayanan kesehatan, pemberian takjil gratis dan berbagai layanan lainnya;
dan 217 Pos Terpadu yang berfungsi untuk pusat kodal operasi secara terintegrasi bersama stakeholder terkait dan dilengkapi dengan command center terpadu.

Selanjutnya Kapolri menekankan terkait permasalahan laka lantas. Optimalkan langkah- langkah preventif dengan menempatkan personel dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan.
Disamping itu, ingatkan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan, lakukan penguatan edukasi tertib berlalu lintas, imbau pengemudi untuk memastikan kondisi kesehatan dan segera beristirahat apabila mengalami kelelahan.
Apabila terjadi lakalantas, segera lakukan penanganan secara cepat untuk menolong korban, serta upayakan jangan sampai berimplikasi terhadap kemacetan yang parah.

Selain itu, hadirkan pula personel berseragam di tempat ibadah terutama pada pelaksanaan sholat Idul Fitri melibatkan personel TNI-Polri, Ormas serta Mitra Kamtibmas lainnya.

Disamping kerawanan yang timbul akibat peningkatan mobilitas masyarakat, stabilitas harga dan ketersediaan Bapokting harus tetap terjaga. Tingkatkan koordinasi antara Satgas Pangan dengan stakeholder terkait, sehingga tidak terjadi kelangkaan maupun kenaikan harga Bapokting selama perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H.

Sebagai wujud nyata, Pemerintah Pusat, Kementerian/ Lembaga dan juga Pemerintah Daerah, serta TNI-Polri telah menyelenggarakan program Bantuan Kemanusiaan Untuk Negeri ke seluruh Indonesia, khususnya kepada masyarakat kurang mampu di slum area, serta daerah yang mengalami kenaikan harga maupun kekurangan stok Bapokting.

Baca Juga :  Secara Langsung Terima Aspirasi Masyarakat Soal Jalan Poros Teluk Patipi, Ini Yang Disampaikan Bupati UT

Berbagai langkah dalam Operasi Ketupat 2023 diharapkan mampu berjalan dengan baik, sehingga kita dapat memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan”begitupula pada saat arus balik.

Oleh karena itu, terdapat beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yaitu sebagai berikut:
– Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua.
– Kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan ”Presisi” sebagaimana harapan masyarakat.
– Pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal.
– Berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, sehingga kita mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan, agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat.
– Pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat. Lakukan penguatan komunikasi publik, baik menggunakan media TV-Radio nasional maupun lokal, serta media streaming Polri TV-Radio melibatkan toga, tomas, influencer dan public figure.
-Perkuat sinergisitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023.

Baca Juga :  Resmikan Pasar Sosar Distrik Kokas Fakfak, Bupati Untung Tamsil: Ini Komitmen Kami

Pada akhir amanat tersebut Kapolri Jendral Polisi Drs.Listyo Sigit Prawobo,M.Si mengatakan, tentunya saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, maupun seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2023.

“Saya juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, kepada seluruh umat Islam yang merayakan. Semoga di bulan yang penuh rahmat ini, kita mampu mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci,”Katanya.

Dalam kegiatan Apel Gelap Pasukan tersebut nampak hadir Ka Subden PM Fakfak, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Fakfak, Kepala BPBD Kab. Fakfak, dan Para Pejabat Utama Polres Fakfak. (EM/01)

Berita Terkait

Wakapolres Kompol Indro Rizkiadi Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke- 116 Tahun
Hadiri Syukuran HUT Paroki dan Perayaan Paskah 2024, Arobi Hindom Bacakan Sambutan Bupati Fakfak
Momen Pencanangan Gerakan Literasi Desa, Wakil Presiden Serahkan Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling ke Bupati Fakfak
Ketua TP PKK Fakfak Hadiri Puncak HKG PKK dan Ikuti Jambore Nasional Kader PKK 2024 di Solo
Kapolres Fakfak Pimpin Kegiatan Analisa dan Evaluasi Atas Kinerja Pada Kepolisian Resor Fakfak
Resmikan Pasar Sosar Distrik Kokas Fakfak, Bupati Untung Tamsil: Ini Komitmen Kami
Resmi, Bupati Untung Tamsil Buka Sosialisasi Survei Seismik Laut 2D di Wilayah Laut Fakfak
Walaupun Diguyur Hujan, Bupati Fakfak Tetap Pimpin Apel Senin Pagi, Berikan Arahan Ini ke ASN
Berita ini 10 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 20 Mei 2024 - 15:26 WIB

Wakapolres Kompol Indro Rizkiadi Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke- 116 Tahun

Senin, 20 Mei 2024 - 09:49 WIB

Hadiri Syukuran HUT Paroki dan Perayaan Paskah 2024, Arobi Hindom Bacakan Sambutan Bupati Fakfak

Jumat, 17 Mei 2024 - 17:14 WIB

Momen Pencanangan Gerakan Literasi Desa, Wakil Presiden Serahkan Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling ke Bupati Fakfak

Jumat, 17 Mei 2024 - 09:21 WIB

Ketua TP PKK Fakfak Hadiri Puncak HKG PKK dan Ikuti Jambore Nasional Kader PKK 2024 di Solo

Kamis, 16 Mei 2024 - 20:00 WIB

Kapolres Fakfak Pimpin Kegiatan Analisa dan Evaluasi Atas Kinerja Pada Kepolisian Resor Fakfak

Rabu, 15 Mei 2024 - 21:13 WIB

Resmikan Pasar Sosar Distrik Kokas Fakfak, Bupati Untung Tamsil: Ini Komitmen Kami

Selasa, 14 Mei 2024 - 07:10 WIB

Resmi, Bupati Untung Tamsil Buka Sosialisasi Survei Seismik Laut 2D di Wilayah Laut Fakfak

Senin, 13 Mei 2024 - 22:14 WIB

Walaupun Diguyur Hujan, Bupati Fakfak Tetap Pimpin Apel Senin Pagi, Berikan Arahan Ini ke ASN

Berita Terbaru

Wakil Bupati Yohana Hindom Resmi Melepas 82 Calon Jamaah Haji Asal Fakfak, (Foto: EM/Rikki).

Konseling & Rohani

Wakil Bupati Yohana Hindom Resmi Melepas 82 Calon Jamaah Haji Asal Fakfak

Selasa, 21 Mei 2024 - 09:06 WIB

PD Aisyiyah Fakfak Gelar Milad ke-107 Tahun, (Foto: EM/RR).

Tokoh Kita

PD Aisyiyah Fakfak Gelar Milad ke-107 Tahun

Minggu, 19 Mei 2024 - 09:53 WIB

error: