Syukuran Gerakan Pramuka Kwarcab Fakfak, Yohana Hindom Minta Para Kepala Distrik Peran Aktif Bentuk Kwartir Ranting

- Jurnalis

Kamis, 1 Februari 2024 - 19:52 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Syukuran Gerakan Pramuka Kwarcab Fakfak, Yohana Hindom Minta Para Kepala Distrik Dapat Peran Aktif Bentuk Kwartir Ranting, (Foto: EM/Riki).

Syukuran Gerakan Pramuka Kwarcab Fakfak, Yohana Hindom Minta Para Kepala Distrik Dapat Peran Aktif Bentuk Kwartir Ranting, (Foto: EM/Riki).

Wakil Bupati Fakfak, Yohana Dina Hindom meyampaikan, dalam rangka untuk membantu tugas Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Fakfak dalam membina kepramukaan di setiap distrik, maka diharapkan kepada setiap Kepala Distrik agar dapat berperan aktif untuk pembentukan Kwartir Ranting dengan mengkoordinir setiap Gugus Sekolah baik Tingkat Sekolah Dasar maupun Tingkat Menengah Pertama dan Atas.

“Sehingga setiap sekolah/Gugus depan di wilayah kerja masing-masing untuk bermusyawarah mencapai mufakat dalam Musyawarah Ranting (Musran) membentuk kepengurusan Kwartir Ranting dan setelahnya akan dilantik oleh Kwarcab Fakfak sehingga kepramukaan dapat berjalan sesuai mekanisme yang berlaku,”kata Yohana Dina Hindom yang juga selaku Ketua Kwarcab Fakfak saat menghadiri Syukuran Gerakan Pramuka Kwarcab Fakfak, di Sanggar Pramuka, Selasa (30/01/2024).

Selain itu sambungnya, untuk mengimplementasikannya, telah dibuat kodefikasi penomoran Kwarran (Distrik) dan penomoran Gugus depan disetiap Distrik di seluruh wilayah Kabupaten Fakfak dengan di Keputusan Ketua Kwartir Cabang telah ditetapkan, dan akan diedarkan ke setiap Distrik dan Sekolah-Sekolah

Baca Juga :  Wakapolres Fakfak Pimpin Penamatan Murid TK Kemala Bhayangkari 15

“Pembinaan dilakukan di setiap sekolah dan lembaga pendidikan dengan penanggungjawab di masing-masing sekolah bekerja sama dengan Dinas Pendidkan Pemuda dan Olahraga dan pihak Distrik selaku pembina Kwartir Ranting di wilayah kerjanya. Sehingga peran Kepala Distrik selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dalam pembinaan generasi muda melalui kegiatan kepramukaan di tiap wilayah distriknya sangatlah penting,”ujar Yohana Hindom.

Yohana Hindom pun meminta kepada para pimpinan OPD/instansi terkait yang membina Satuan Karya Pramuka agar senantiasa bersama-sama Kwarcab Fakfak terutama Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda) dapat membina kaum muda kita untuk meningkatkan life skill mereka.

Baca Juga :  MoU Dengan UMI Makassar, Bupati UT Siapkan Anak-Anak Fakfak Lanjut Studi Kedokteran

“Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Fakfak sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Kabupaten Fakfak, akan selalu ikut serta dalam setiap kegiatan yang membantu program Pemerintah Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat dan NKRI sesuai janji pramuka yaitu ikut serta membangun Masyarakat,”tandasnya.

Ia juga mengatakan bahwa kepramukaan di Fakfak pun siap berpartisipasi membantu pemerintah dalam setiap program yang menyentuh masyarakat dengan kegiatan Kemah Bakti (PERTI), Perkemahan Antar Saka (PERAN SAKA) Tingkat Cabang, dan Perkemahan Wirakarya (PW) Tingkat Cabang yang mana setiap anggota pramuka melaksanakan kegiatan karya nyata dengan memberikan tenaganya membantu kebutuhan masyarakat dilapangan seperti rehab sarana ibadah, perbaikan sanitasi, penyuluhan di masyarakat dan sebagainya.

Sedangkan, partipasipasi kegiatan keluar daerah seperti Jambore, Raimuna dan sebagainya akan melihat kebutuhan yang penting, mengingat pembenahan ke dalam dahulu yang kita prioritaskan, barulah setelah semua berjalan ke arah yang lebih baik maka anggota pramuka yang akan kita kirimkan sebagai delegasi (baik peserta didik maupun anggota dewasa) benar-benar telah memenuhi persyaratan yang sesuai dengan ajaran kepramukaan dan ketentuan yang ditetapkan oleh kepanitiaan baik di tingkat daerah, regional maupun nasional.

Baca Juga :  Hadiri Wisuda Tahfidz Al-Quran MI Muhammadiyah Fakfak, Bupati Untung Tamsil Sampaikan Ini

Diakhir sambutannya, Yohana Dina Hindom mengajak semuanya untuk saling bahu-membahu membangun Kepramukaan Fakfak ke arah yang lebih baik kedepannya.

“Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak dan orangtua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik dalam Gerakan Pramuka, serta masyarakat luas yang selalu mendukung pendidikan Gerakan Pramuka yang kita cintai bersama membantu mengembangkan Gerakan Pramuka dapat lebih baik dan maju,”tutupnya.

Penulis : Rikki

Editor : Redaksi Embaranmedia

Berita Terkait

Pemkab Fakfak Telah Alokasikan Bantuan Pendidikan Untuk Anak Sekolah, Bupati UT: Wujud Nyata Cinta dan Kasih Ciptakan SDM Fakfak
MoU Dengan UMI Makassar, Bupati UT Siapkan Anak-Anak Fakfak Lanjut Studi Kedokteran
Wakil Bupati Yohana Hindom Ikuti Perpisahan 21 Siswa-Siswi TK Pembina
Hadiri Wisuda Tahfidz Al-Quran MI Muhammadiyah Fakfak, Bupati Untung Tamsil Sampaikan Ini
Wakapolres Fakfak Pimpin Penamatan Murid TK Kemala Bhayangkari 15
Buta Calistung, Pemkab Fakfak Bentuk Kelas Baca di Setiap Sekolah Dasar 
Pemkab Fakfak Sosialisasi ANBK SD ke Para Guru di 17 Distrik
Bupati Untung Tamsil Silahturahmi Bersama Mahasiswa di Asrama Fakfak Makassar
Berita ini 30 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 23 Juni 2024 - 17:08 WIB

MoU Dengan UMI Makassar, Bupati UT Siapkan Anak-Anak Fakfak Lanjut Studi Kedokteran

Sabtu, 15 Juni 2024 - 21:08 WIB

Wakil Bupati Yohana Hindom Ikuti Perpisahan 21 Siswa-Siswi TK Pembina

Sabtu, 15 Juni 2024 - 19:45 WIB

Hadiri Wisuda Tahfidz Al-Quran MI Muhammadiyah Fakfak, Bupati Untung Tamsil Sampaikan Ini

Jumat, 14 Juni 2024 - 14:50 WIB

Wakapolres Fakfak Pimpin Penamatan Murid TK Kemala Bhayangkari 15

Rabu, 5 Juni 2024 - 09:57 WIB

Buta Calistung, Pemkab Fakfak Bentuk Kelas Baca di Setiap Sekolah Dasar 

Berita Terbaru

error: