Bupati Untung Tamsil Buka Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Fakfak Tahun 2023

- Jurnalis

Rabu, 22 Juni 2022 - 11:37 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bupati Untung Tamsil Buka Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Fakfak Tahun 2023, (Foto: EM/AZT)

Bupati Untung Tamsil Buka Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Fakfak Tahun 2023, (Foto: EM/AZT)


Embaranmedia.com, Fakfak – Bupati Fakfak Untung Tamsil membuka dengan resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Fakfak dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023. Yang bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Grand Fakfak Lantai 5, Rabu (22/06/2022) Pagi.

Dalam sambutannya, Bupati Untung Tamsil, menyampaikan, Musrenbang Kabupaten yang saat ini berjalan sebagaimana telah disampaikan, Sebelumnya, yakni di mulai dengan Musrenbang Tingkat Kampung, penyiapan rancangan awal RKPD dan selanjutnya telah dilakukan Forum Organisasi Perangkat Daerah atau Forum Gabungan OPD, yang merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan dalam penyusunan perencanaan pembangunan Tahunan Kabupaten Fakfak atau Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tingkat Kabupaten Fakfak Tahun 2023.

Tentunya, forum OPD yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, telah mampu mensinergikan antara Rencana strategis dan Rencana Kerja OPD dengan Hasil Musrenbang di Tingkat Distrik yang merupakan aspirasi masyarakat kampung dan distrik

“Saya berharap apa yang telah tercacat di dalam hasil Forum OPD telah sesuai dan searah dengan Visi dan Misi Fakfak Tersenyum serta sejalan dengan target yang ingin kita capai bersama, sebagaimana termuat di dalam Brand Fakfak Cerdas, Sehat dan Religius, Brand Fakfak Banjir, Fakfak Terang, Fakfak Interkonektivitas, Fakfak Berkelanjutan serta Fakfak Berwisata melalui Gerakan Membangun Pariwisata dan Ekonomi Masyarakat yang kita Kenal dengan Gempar Emas Fakfak,”Jelas Bupati Fakfak.

Bupati Untung Tamsil menegaskan kepada seluruh pimpinan OPD, Kepala Distrik dan Kepala Kelurahan untuk pahami, gerakkan dan sosialisasi Program Gempar Emas.

Baca Juga :  Hadiri Syukuran HUT Paroki dan Perayaan Paskah 2024, Arobi Hindom Bacakan Sambutan Bupati Fakfak

“Saya minta dukungan semuanya untuk menggerakkan Gempar Emas, karena saya melihat tidak ada dukungan ful dari Pimpinan OPD, Distrik dan Kelurahan dengan program Gempar Emas, harus turun langsung melihat dan bantu mensosialisasikan Gempar Emas ini kepada masyarakat,”Tegasnya.

Kemudian, dalam rancangan awal RKPD, yang telah dilakukan pada forkopimda yang merupakan rancangan harus selaras dan searah hingga diputuskan pada musrembang saat ini.

Lebih Lanjut Bupati Untung Tamsil, mengatakan, dengan memperhatikan waktu kerja Saya dengan Mama Yohana Dina Hindom yang sangat terbatas, Mudah-mudahan seluruh hasil kompilasi program dan kegiatan yang telah dirumuskan menjadi prioritas pembangunan Kabupaten Fakfak di Tahun Anggaran 2023 untuk dapat di kawal dan dilaksanakan.

“Saya sangat berharap agar rencana program serta kegiatan pembangunan yang dihasilkan pada forum OPD yang telah dilaksanakan, merupakan program kegiatan yang benar-benar prioritas yang akan menjadi fokus dan lokus kita di Tahun 2023,”Pintanya.

Bupati Untung Tamsil pun meminta agar rencana program di dalamnya telah termuat Pokok-Pokok Pikiran Legislatif sebagai bentuk hasil kesepakatan bersama yang benar-benar mengarah pada pencapaian sasaran pembangunan dari Visi dan Misi Fakfak Tersenyum sebagaimana telah termuat di dalam RPJMD Kabupaten Fakfak Tahun 2021-2026 yang telah ditetapkan sebagai misi pembangunan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Fakfak.

Perlu diketahui bersama bahwa Melalui Visi Fakfak tersenyum terdapat 6 Misi Pemerintah Kabupaten Fakfak yaitu :

1. Menciptakan kualitas sumber daya manusia Fakfak yang Cerdas, Sehat, Religius dan Produktif yang memiliki daya saing melalui pendidikan dan derajat kesehatan.

2. Memperkuat kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor unggulan daerah yang berbasis Pariwisata, Pertanian dalam arti luas dan Kelautan.

3. Meningkatkan kinerja pemerintahan guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif, efisien dan akuntabel berbasis pelayanan elektronik.

4. Meningkatkan pembangunan infrastruktur dasar dan interkonektivitas wilayah yang terpadu dan terintegrasi.

5. Melestarikan adat dan budaya sesuai dengan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Fakfak.

6. Mewujudkan Pembangunan Fakfak Berkelanjutan, melalui kearifan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang lestari serta berbasis mitigasi bencana.

“Mudah-mudahan kita semua memiliki komitmen dan konsistensi serta komunikasi yang searah dalam mewujudkan cita- cita pembangunan Fakfak yang menjadi target dan harapan untuk Fakfak yang semakin Terdepan, Sejahtera, Nyaman, Unggul dan Mandiri,”Harap Bupati Untung Tamsil.

Baca Juga :  Operasi Trisila-24, Wakil Bupati Yohana Hindom Sambut Danguspurla Koarmada III di Pelabuhan Fakfak

Dari hasil evaluasi capaian pembangunan Tahun 2021 dan Tahun 2022 yang sedang berjalan, telah kita laksanakan beberapa program pembangunan walaupun masih banyak kekurangan yang terus di tingkatkan. Seperti pada program Fakfak Cerdas, Sehat dan Religius melalui pengembangan pendidikan dan kemitraan.

Pendidikan, penyediaan beasiswa, peningkatan akses layanan kesehatan, penguatan program BPJS dan Kartu Fakfak Tersenyum, penguatan program stunting, peningkatan sarana prasarana kesehatan dan bantuan pembangunan rumah ibadah. Program Fakfak Interkonekvitas melalui peningkatan ruas jalan akses wilayah cepat tumbuh, pembangunan jaringan telekomunikasi dan infrastruktur bergerak seluler di beberapa distrik dan kampung.

Program Fakfak Terang melalui perluasan jaringan listrik ke beberapa wilayah distrik dan kampung, persiapan lahan pembanguann Lisdes PLTS Energi Terbarukan. Program Fakfak Banjir melalui penyediaan sistem penyediaan air bersih pada beberapa wilayah distrik dan kampung.

Baca Juga :  Wakapolres Kompol Indro Rizkiadi Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke- 116 Tahun

Program Fakfak Berwisata dan Ekonomi Masyarakat melalui pengembangan kampung wisata, penyediaan ruang reklamasi serta bantuan stimulan ekonomi masyarakat dan kelompok UMKM.

“Kami berharap seluruh OPD mampu memberikan efek dan daya ungkit yang tinggi terhadap target indikator Makro Daerah., perlu kita mengedepankan konsep perencanaan yang holistik, integrasi, tematik dan spasial sesuai fungsi dan kewenangan, masing-masing, agar benar-benar dapat berkontribusi positif terhadap pencapaian agenda prioritas Pembangunan Masyarakat Fakfak yang menjadi Terdepan, Sejahtera, Nyaman, Unggul dan Mandiri,”Ujar Bupati Untung Tamsil yang biasa disapa UT.

Kemudian, Bupati Untung Tamsil pun menyampaikan bahwa penting untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki komitmen yang sama, seperti dalam memadukan prirotas daerah dengan prioritas provinsi maupun prioritas nasional serta membangun kerjasama lintas Pemda lain, dukungan lembaga donor dan dukungan investasi, berbagai program CSR dan komitmen sosial dalam rangka mempercepat pencapain visi dan misi Pembangunan Fakfak Tersenyum.

Selanjutnya, Bupati Fakfak Untung Tamsil membuka dengan resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dengan menabuh Tifa sebanyak 5 kali.

Kegiatan Pembukaan Musrembang tingkat Kabupaten, diikuti langsung oleh Seluruh Pimpinan OPD, Kepala Distrik dan Kepala Kelurahan dan dihadiri oleh Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom, SE, MM, Pimpinan Forkopimda, Sekda Fakfak, Drs. Ali Baham Temongmere, MTP, dan Plt. Kepala Bappeda dan Litbang, Abdul Razak Ibrahim Rengen, Pimpinan BUMN dan BUMD. (EM/AZT)

Berita Terkait

Berakhir di Bomberay-Tomage, Wakil Bupati Fakfak Resmi Tutup Musrenbang Tingkat Distrik Tahun 2024
Operasi Trisila-24, Wakil Bupati Yohana Hindom Sambut Danguspurla Koarmada III di Pelabuhan Fakfak
Wakapolres Kompol Indro Rizkiadi Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke- 116 Tahun
Hadiri Syukuran HUT Paroki dan Perayaan Paskah 2024, Arobi Hindom Bacakan Sambutan Bupati Fakfak
Momen Pencanangan Gerakan Literasi Desa, Wakil Presiden Serahkan Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling ke Bupati Fakfak
Ketua TP PKK Fakfak Hadiri Puncak HKG PKK dan Ikuti Jambore Nasional Kader PKK 2024 di Solo
Kapolres Fakfak Pimpin Kegiatan Analisa dan Evaluasi Atas Kinerja Pada Kepolisian Resor Fakfak
Resmikan Pasar Sosar Distrik Kokas Fakfak, Bupati Untung Tamsil: Ini Komitmen Kami
Berita ini 30 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 26 Mei 2024 - 12:51 WIB

Berakhir di Bomberay-Tomage, Wakil Bupati Fakfak Resmi Tutup Musrenbang Tingkat Distrik Tahun 2024

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:45 WIB

Operasi Trisila-24, Wakil Bupati Yohana Hindom Sambut Danguspurla Koarmada III di Pelabuhan Fakfak

Senin, 20 Mei 2024 - 15:26 WIB

Wakapolres Kompol Indro Rizkiadi Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke- 116 Tahun

Senin, 20 Mei 2024 - 09:49 WIB

Hadiri Syukuran HUT Paroki dan Perayaan Paskah 2024, Arobi Hindom Bacakan Sambutan Bupati Fakfak

Jumat, 17 Mei 2024 - 17:14 WIB

Momen Pencanangan Gerakan Literasi Desa, Wakil Presiden Serahkan Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling ke Bupati Fakfak

Jumat, 17 Mei 2024 - 09:21 WIB

Ketua TP PKK Fakfak Hadiri Puncak HKG PKK dan Ikuti Jambore Nasional Kader PKK 2024 di Solo

Kamis, 16 Mei 2024 - 20:00 WIB

Kapolres Fakfak Pimpin Kegiatan Analisa dan Evaluasi Atas Kinerja Pada Kepolisian Resor Fakfak

Rabu, 15 Mei 2024 - 21:13 WIB

Resmikan Pasar Sosar Distrik Kokas Fakfak, Bupati Untung Tamsil: Ini Komitmen Kami

Berita Terbaru

error: