Dokumen Lembaga Kultur Kabupaten Fakfak Resmi Diserahkan Ke Kesbagpol

- Jurnalis

Senin, 13 Maret 2023 - 06:06 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Embaranmedia.com, FAKFAK – Pada hari Jumat 10 Maret 2023 kemarin, proses Penyerahan Dokumen Lembaga Kultur Kabupaten Fakfak, yang diserahkan langsung kepada Kepala Kantor Badan Kesbangpol Fakfak.

Agenda penting ini dipimpin langsung oleh Ketua LMA Kabupaten Fakfak, Yang Mulia Bp Fabianus Valentinus Kabes, dan Ketua Umum Dewan Adat Mbaham Matta, Yang Mulia Bp Domianus Tuturop; yang didampingi beberapa unsur pimpinan dan staf dari kedua lembaga kultur ini (Jumat 10 Maret 2023).

Penyerahan Dokumen dilakukan secara Adat kebiasaan Suku Mbaham Matta, dilangsungkan di ruang kerja Kepala Badan Kesbangpol Fakfak, dan diterima langsung oleh Kepala Badan, Lina Suryani Uswanas, didampingi Kepala Bidang Pemerintahan Dalam Negeri, Mus Moses.

Daftar Dokumen yang diserahkan antara lain :

  1. Daftar Marga-Marga Asli Suku Mbaham Matta Fakfak, terdata sekitar 143 Marga, mengacu kepada Hasil Konferensi Dewan Adat Mbaham Matta, tahun 2018.
  2. Daftar 22 sub-wilayah Komunal dan persebaran Marga-Mara di berbagai Dusun dan Kampung pada 17 Distrik dalam wilayah administrasi.
    Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak. Pembagian wilayah komunal, merujuk Hasil Konferensi Dewan Adat Mabaham Matta, tahun 2018.
  3. Daftar Usulan Daerah Pengangkatan (Dapeng), sebanyak 5 Dapeng berdasarkan Pengelompokan atas Persebaran 143 Marga pada 22 sub-wilayah Komunal dibawah 17 Ditrik, disertai Daftar Alokasi Kursi DPRK (Otsus) tahun 2024, masing-masing 1 kursi untuk 1 Dapeng.

Dokumen itu juga berisi ketentuan mengenai Pengaturan Wilayah basis dukungan masyarakat kultur dalam pencalonan Anggota MRPB tahun 2023, sebagaimana ketentuan PP No.106 tahun 2021, pasal 55 ayat (1) dan (2) berkenaan Daerah Pengangkatan Anggota DPRK; dan ketentuan Perdasi Papua Barat No.8 tahun 2022, tentang Tata Cara Pemilihan Anggota Majelis Rakyat Papua Barat/MRPB.

Seluruh Dokumen telah dibahas bersama dalam Rapat unsur pimpinan Dewan Adat Mbaham Matta dan LMA Kabupaten Fakfak, yang dilangsungkan, Hari Kamis tanggal 9 Maret 2023, bertempat di Media Center LMA Kabupaten Fakfak.

Hasil Rapat tersebut dituangkan ke dalaman Berita Acara Join Otoritas Adat, bernomor : JOA.1/Confidential/Otsus/2023, ditandatangani dan diberi stempel resmi oleh Ketua LMA dan Ketum Dewan Adat Mbaham Matta, dan ikut ditandatangani pula oleh masing-masing dua orang unsur pimpinan dari LMA, yang diwakili Bp. Clifford H. Ndandarmana, SE, dan Bp. Junaidin Rohrohmana, serta unsur pimpinan dari Dewan Adat, diwakili Bp.Apnel Hegemur dan Bp.Emanuel Komber, S.Sos.

Surat Pengantar resmi lembaga kultur dikeluarkan oleh Pengurus LMA Kabupaten Fakfak, bernomor : 19/LMA/Kab.FF/III/2023, tanggal 9 Maret 2023, ditandatangani oleh Ketua, YM. F.Valentinus Kabes, dan Sekretaris WiLLy Hegemur, ST.

Bahwa ini merupakan langkah strategis dan cepat yang diambil oleh kedua lembaga kultur di Tanah Mbaham Matta, menjawab permintaan Bupati Fakfak yang dilayangkan melalui Surat, No.200.1.4/SET/FF/2023, tgl. 22 Februari 2023.

Sebelumnya juga dalam Bulan Februari telah ada surat menyurat dalam rangka Pembentukan Panitia Pemilihan (Panpil) dan Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaspil) MRPB. Pihak LMA sudah merekemndasikan perwakilan dari unsur Adat, dan telah juga berkoordinasi dgn Polres Fakfak dan Kejaksaan Negeri Fakfak berkenaan dengan perwakilan lembaga tersebut dalam Panwaspil.MRPB, dan prosesnya sudah final, hanya menunggu penetapan Bupati, sementara dalam proses.

Diharapkan pengajuan dari kedua lembaga kultur ini akan menjadi bahan rujukan dalam Peraturan Bupati Fakfak yang akan menjadi landasan hukum dan petunjuk Oprasional/Teknis dalam proses asesmen calon Anggota MRPB yang akan segera berlangsung dalam Bulan Maret ini, maupun asesmen calon Anggota DPRK(Otsus) yang akan berlangsung ke depan.

Bila Peraturan Bupati sudah diterbitkan, maka kita harapkan seluruh proses dan tahapan segera dilakasanakan.

Kita harapkan juga agar semua anak-anak asli Papua yang berkepentingan maju sebagai calon Anggota MRPB maupun DPR (Otsus) baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi, harus melalui “satu pintu” yakni pintu LMA Kabupaten Fakfak yang didukung oleh Dewan Adat Mbaham Matta. (EM/FT)

Berita Terkait

Valentinus Kabes Harap Melalui Workshop Masyarakat Adat Bisa Terlibat Dalam Pemilu Adat 2024
Panitia Penerimaan Bintara Polri di Fakfak Tegaskan Tak Menolak Surat Keterangan OAP dari Dewan Adat
Ini Pesan Wakil Bupati Yohana Hindom di Partangiangan Bona Taon IKKBS Fakfak
Imgobati Basis Fakfak Gelar Pelantikan dan Latihan Kader, Hariyadi: Kepengurusan Harus Solid
Ribuan Masyarakat Fakfak Banjiri Stadion 16 November Saksikan Pentas Tari Kolosal 1.230 Pelajar
Malam Ini, Ribuan Pelajar di Fakfak Bakal Gelar Pentas Tari Kolosal
Begini Ungkapan Aktor Samuel Rizal Sosok Pejuang Keberagaman di Film Satu Tungku Tiga Batu Saat Berada di Fakfak
Bupati Fakfak Buka Musda III Permata, Modestus Samponu Berhasil Terpilih Kembali Sebagai Ketua
Berita ini 109 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 11 Mei 2024 - 22:46 WIB

Valentinus Kabes Harap Melalui Workshop Masyarakat Adat Bisa Terlibat Dalam Pemilu Adat 2024

Sabtu, 20 April 2024 - 22:40 WIB

Panitia Penerimaan Bintara Polri di Fakfak Tegaskan Tak Menolak Surat Keterangan OAP dari Dewan Adat

Minggu, 11 Februari 2024 - 08:54 WIB

Ini Pesan Wakil Bupati Yohana Hindom di Partangiangan Bona Taon IKKBS Fakfak

Sabtu, 27 Januari 2024 - 17:33 WIB

Imgobati Basis Fakfak Gelar Pelantikan dan Latihan Kader, Hariyadi: Kepengurusan Harus Solid

Sabtu, 25 November 2023 - 08:44 WIB

Ribuan Masyarakat Fakfak Banjiri Stadion 16 November Saksikan Pentas Tari Kolosal 1.230 Pelajar

Berita Terbaru

error: