Bupati Fakfak Pimpin Upacara Hari Bakti PUPR Ke-78 Tahun

- Jurnalis

Senin, 4 Desember 2023 - 20:42 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bupati Fakfak Pimpin Upacara Hari Bakti PUPR Ke-78 Tahun, (Foto: EM/AZT)

Bupati Fakfak Pimpin Upacara Hari Bakti PUPR Ke-78 Tahun, (Foto: EM/AZT)

Embaranmedia.com, FAKFAK – Bupati Fakfak Untung Tamsil, S.Sos, M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara Hari Bakti PUPR ke-78 tahun, di Halaman Kantor Dinas PUPR2KP Fakfak, Senin (04/12/2023) pagi.

Dalam Sambutan Menteri PUPR, M. Basuki Hadimuljono yang dibacakan langsung Bupati Untung Tamsil menyampaikan, dengan kekompakan dan kerjasama tim, PUPR berhasil menyelesaikan berbagai tugas dan amanah pembangunan infrastruktur, baik infrastruktur ekonomi maupun infrastruktur sosial yang sangat dibutuhkan oleh Masyarakat.

“Tugas dan amanah merupakan wujud dari kepercayaan yang tinggi yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo, sekaligus cermin dari harapan yang besar dari masyarakat atas hadirnya infrastruktur yang berkualitas. Kita harus terus istikhomah dalam menjaga kepercayaan para Pimpinan Negara dan publik kepada Kementerian PUPR yang kita cintai ini,”ujarnya.

Didalam sambutannya juga, Menteri Basuki Hadimuljono menyampaikan kinerja Kementerian PUPR Sepanjang tahun 2023 ini, yang telah berhasil melaksanakan penugasan pembangunan infrastruktur antara lain :

Pertama, mendukung penyelenggaraan eventevent internasional, seperti KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, KTT ASEAN ke-43 di Jakarta Convention Center (JCC), Renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), 2023 FIBA Basketball World Cup di kompleks GBK, serta Piala Dunia U17 2023 di 4 provinsi yang menjadi tuan rumah yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Baca Juga :  Sah, Bupati UT Lantik Sulaiman Uswanas Jadi Sekda Fakfak, Ini Pesannya

Kedua, melanjutkan pembangunan infrastruktur dasar di IKN meliputi bendungan, air baku, jalan tol, jalan nasional, jalan logistik, kantor-kantor pemerintahan, IPA, IPAL dan TPST, serta hunian pekerja. Pembangunan infrastruktur dasar ini telah memberikan dampak positif dengan masuknya investor, seperti pem-bangunan rumah sakit, hotel, komersial, retail, kantor serta pusat pengembangan olahraga.

Ketiga, melanjutkan pembangunan Proyek Strategis Nasional! (PSN) dimana 88 PSN telah selesai (seperti bendungan, jalan tol, irigasi, sistem penyediaan air minum, dan Program Satu Juta Rumah). Selanjutnya, ditargetkan sebanyak 40 PSN lainnya akan selesai di akhir tahun 2023 hingga akhir tahun 2024.

Baca Juga :  Ucapkan Selamat Idul Adha 1445 H, Bupati Fakfak: Semoga Membawa Kedamaian dan Bangun Tali Silahturahmi

Keempat, Kementerian PUPR juga melanjutkan pembangunan infrastruktur kerakyatan, terutama di desa-desa, melalui program Padat Karya Tunai (PKT) untuk membantu menyediakan lapangan kerja dan menambah penghasilan bagi 5,4 juta orang. Sejak 2016 hingga 2023, telah dibangun pula tidak kurang dari 583 jembatan gantung, 29 pasar rakyat, dan 1,35 juta unit rumah swadaya.

Kelima, sesuai Inpres No. 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah, Kementerian PUPR memulai penanganan jalan daerah sejak Juli 2023 sepanjang 3.139 km dan 2.682 meter jembatan di 33 Provinsi. Diharapkan semua pekerjaan dapat kita tuntaskan pada akhir 2023 dan akan kita lanjutkan di tahun berikutnya.

“Seluruh capaian pembangunan infrastruktur PUPR diatas dapat terwujud karena kerjakeras, kekompakan, kebersamaan dan kerjasama dari seluruh unsur terkait, termasuk mitra kerja PUPR,”pintanya.

Menyongsong tahun terakhir Kabinet Indonesia Maju, Basuki Hadimuljono mengingatkan kembali pesan Bapak Presiden Jokowi dalam penyerahan DIPA 2024.

Baca Juga :  Gertak Fakfak, Dinas Perkebunan Kembali Tanam Pala di Sepanjang Koridor Werabuan - Bandara Siboru

Pertama, Gunakan anggaran yang telah diberikan secara disiplin, teliti, dan tepat sasaran.

Kedua, Kelola anggaran dengan penuh transparansi dan akuntabilitas, serta jangan membuka celah sedikitpun untuk korupsi. Tiga, percepat realisasi anggaran dengan orientasi pada hasil dan manfaat maksimal bagi rakyat.

Basuki Hadimuljono mengingatkan, tahun 2024 juga merupakan tahun politik yang tahapan Pemilihan Umum-nya telah dimulai tahun ini hingga akan dilaksanakan pencoblosan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Menurutnya, eskalasi politis akan semakin tinggi, untuk itu dirinya mengingatkan bagi para Insan-insan Keluarga Besar PUPR untuk mengedepankan netralitas, tidak ikut dalam kegiatan politik praktis.

“Kita harus terus melaksanakan tugas dan amanah menyelenggarakan pembangunan dan pengelolaan infrastruktur secara profesional dan loyal pada perintah pimpinan nasional,”pungkas Menteri PUPR

Setelah memimpin Upacara, selanjutnya Bupati Untung Tamsil menyerahkan penghargaan kepada petugas kebersihan yang mengabdi cukup lama dan menyerahkan cenderamata kepada pegawai purnabakti PUPR, kemudian dilanjutkan pemotongan Tumpeng. 

Pewarta: AZT

Berita Terkait

Pimpin Sertijab 8 Pejabat Utama, Kapolres Fakfak Beri Pesan Ini
Ucapkan Selamat Idul Adha 1445 H, Bupati Fakfak: Semoga Membawa Kedamaian dan Bangun Tali Silahturahmi
Gertak Fakfak, Dinas Perkebunan Kembali Tanam Pala di Sepanjang Koridor Werabuan – Bandara Siboru
Tegas Sulaiman Uswanas, ASN Pemkab Fakfak Tak Boleh Terlibat Berpolitik Praktis
Sah, Bupati UT Lantik Sulaiman Uswanas Jadi Sekda Fakfak, Ini Pesannya
Tiba di Fakfak Papua Barat, Jhon Ilef Malamassam: Tetap Berpegang Teguh pada Penegakan Hukum
Tinjau Pasar Rakyat Thumburuni Fakfak, Wakil Bupati Yohana Hindom: Ada Sejumlah Ornamen Yang Belum Terselesaikan
Kerjasama Pemkab Fakfak dan IPB, Berhasil Wisudahkan 48 Siswa Asal Fakfak di Sekolah Pemberdayaan Rakyat
Berita ini 16 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 22:04 WIB

Pimpin Sertijab 8 Pejabat Utama, Kapolres Fakfak Beri Pesan Ini

Senin, 17 Juni 2024 - 09:06 WIB

Ucapkan Selamat Idul Adha 1445 H, Bupati Fakfak: Semoga Membawa Kedamaian dan Bangun Tali Silahturahmi

Minggu, 16 Juni 2024 - 09:28 WIB

Gertak Fakfak, Dinas Perkebunan Kembali Tanam Pala di Sepanjang Koridor Werabuan – Bandara Siboru

Jumat, 14 Juni 2024 - 09:32 WIB

Tegas Sulaiman Uswanas, ASN Pemkab Fakfak Tak Boleh Terlibat Berpolitik Praktis

Kamis, 13 Juni 2024 - 19:58 WIB

Sah, Bupati UT Lantik Sulaiman Uswanas Jadi Sekda Fakfak, Ini Pesannya

Berita Terbaru

error: